ADHIKARYA PARLEMEN

Hj Ijah Hartini: LKPJ Sarana Evaluasi Realisasi Target Program

Detiktoday.com – Berkenaan dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Barat, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Hj Ijah Hartini mengatakan banyak hal yang akan dicermati oleh Pansus, dimana pembahasan akan dilakukan di tingkat Komisi dan akan membahas LKPJ lebih dahulu terkait kinerja mitra kerjanya untuk kemudian memberi masukan kepada Pansus.

Misalnya, dan yang paling utama, adalah raihan target indikator makro, indikator kinerja utama (IKU), dan indikator kinerja dinas (IKD).

Hal ini disampaikan saat Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan rapat kerja pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kinerja (LKPJ) Gubernur akhir tahun 2021 bersama mitra kerja Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, yang bertempat di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, Jum’at, (01/04/2022).

Hj Ijah mengungkapkan nantinya, dapat dilihat apakah kinerjanya yang dilakukan Pemprov sepanjang 2021 sudah mencapai target. Karena, target-target yang ditetapkan dalam RPJMD tersebut merupakan hasil kesepakatan antara DPRD dengan Gubernur.

“Maka, wajar saja jika penilaian nantinya akan didasarkan pada target-target tersebut sebagai tolok ukur,” ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

Seperti diketahui, lanjut Ijah menyebutkan bahwa LKPJ disusun berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 Tetang Peraturan Pelaksanaan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2021 Tetang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Selain itu, papar Ijah mengungkapkan akan dilihat pula tindak lanjut rekomendasi yang disampaikan oleh Pansus LKPJ tahun lalu. Adakah langkah-langkah perbaikan terkait rekomendasi itu sudah dilakukan atau belum.

Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Barat yang telah disampaikan melalui Rapat Paripurna beberapa waktu lalu. Hal ini dapat dilihat setelah Pansus melaksanakan pembahasan bersama komisi di DPRD Jabar.

Ini merupakan tahun ketiga implementasi RPJMD Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023. Akan banyak hal yang dicermati DPRD Provinsi Jabar. Kelompok kerja atau Pansus ini akan membahas LKPJ Gubernur Jabar Tahun 2021.

Pada akhir pembahasan LKPJ, DPRD akan memberikan penilaian. Selain ketercapaian target-target dalam RPJMD, akan dilihat pula perwujudan janji-janji Gubernur yang disampaikan ketika masa kampanye.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker