ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Hj Ijah Hartini Berharap Ada Peningkatan untuk Program Rutilahu

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan Hj Ijah Hartini berharap adanya peningkatan terkait program rutilahu.

“Data permohonan yang sudah masuk dalam KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 saat ini sudah mencapai lebih dari 17 ribu unit pemohon, artinya lebih banyak dari tahun 2022. Pemerintah seharusnya bisa mengakomodir terhadap tingginya usulan tersebut,” ujarnya

Diharapkan, alokasi anggaran Rutilahu di Jawa Barat ini bisa lebih ditingkatkan atau lebih besar dari tahun sebelumnya, mengingat respon masyarakat yang tinggi untuk mendapatkan manfaat dari program Rutiahu ini.

Ijah berharap target program 100.000 rumah layak huni dari pemerintah provinsi Jawa Barat dapat tercapai baik kuantitas maupun kualitasnya serta aturannya sehingga masyarakat tidak dipersulit dengan status tanahnya.

Menurut anggota fraksi PDI Perjuangan ini, sudah ada kurang lebih 17.000 rumah yang masuk di data KUA-PPAS, jumlah ini lebih banyak dari jumlah penerima tahun 2022 yang hanya 9.000 unit rumah.

Menurutnya, karena nilainya masih jauh dari kebutuhan, sehingga program rutilahu ini diperlukan swadaya untuk pelaksanaannya.

“Di tahun 2021 nilai bantuan Rp 17,5 juta per unit. Untuk tahun 2022 nilai bantuan Rp 20 juta per unit. Mudah mudahan Kedepan diharapkan nilai bantuan ada peningkatan jadi masyarakat tidak terlalu berat dalam hal swadaya,”ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

Ijah mengatakan program bantuan Rutilahu ini merupakan bantuan yang ditujukan kepada masyarakat tidak mampu untuk memiliki hunian yang layak huni.

 

 

 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker