ADHIKARYA PARLEMEN

Ineu Purwadewi Gelar Sosialisasi Perda Desa Wisata di Kabupaten Sumedang

Detiktoday.com – Wakil Ketua DPRD Jabar, Dr. Hj. Ineu purwadewi Sundari, S.Sos., MM., mengadakan sosialisasi Perda No 2 Tahun 2022 Jawa Barat tentang Desa Wisata di Kabupaten Sumedang.

Menurut Ineu, pembangunan infrastruktur menjadi poin utama selain potensi sumberdaya alam maupun kesiapan sumberdaya manusia yaitu masyarakat desa .

“Sektor pariwisata memiliki multiplier effect terhadap sektor-sektor lain sekaligus menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita apresiasi langkah pemerintah untuk membuat payung hukum terkait pengelolaan desa wisata ini, semoga bisa menjadi acuan para perangkat desa maupun masyarakat desa, menuju kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Ineu berharap, pemerintah harus bisa memberikan solusi yang tepat, apalagi perda desa wisata telah di sah kan.

“Dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi, pemerintah telah membuat aturan atau Perda tentang desa wisata. Hal ini bisa dikembangkan dengan membenahi infrastruktur dan aksesibilitas utama lainnya baik infrastruktur desa atau aksesibilitas jalan provinsi,” ujar Ineu.

“Jadi, poin penting dalam membangun desa wisata salah satunya Infrastruktur sehingga jalur distribusi wisatawan semakin terjamin dan terpelihara dengan baik.” ujarnya.

“Infrastruktur yang baik tentu bisa mendukung tingkat keberhasilan desa wisata,” imbuhnya.

“Pandemi Covid-19 selama dua tahun ini telah menghambat pembangunan. Anggaran Pemerintah sangat besar dalam penanganan pandemi tersebut, sehingga berdampak pada rencana dan target pembangunan khususnya Infrastruktur, dan dipastikan sektor infrastruktur tidak bisa berkonsentrasi terhadap sektor lainnya,” ujar Ineu.

Percepatan pemulihan ekonomi masyarakat bisa dilakukan melalui usaha pembangunan Desa Wisata. Salah satu poin penting dalam membangun desa wisata tersebut adalah terpenuhinya kesiapan infrastruktur desa.

Selain Infrastruktur, pihaknya juga menggandeng masyarakat untuk bisa memahami dasar hukum yang tepat sasaran, efektif dan berkelanjutan.

 

 

 

 

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker