ADHIKARYA PARLEMEN

Rafael Situmorang Dorong Kehadiran Paralegal di Tengah Masyarakat

Detiktoday.com – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Rafael Situmorang SH mengungkapkan kehadiran paralegal sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang tak mampu membayar jasa pengacara karena keterbatasan biaya.

“Artinya paralegal penting peranannya, maka hal ini perlu dilakukan supaya di masyarakat tumbuh paralegal yang punya kemampuan mengadvokasi persoalan di tengah masyarakat,”ujar Politisi PDI Perjuangan saat menjadi narasumber dalam acara Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi atau eLSID yang bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga bidang Kepemudaan Provinsi Jawa Barat.

Di samping itu, imbuh Rafael, saat ini Indonesia mengalami kekurangan tenaga yang mampu membantu masyarakat agar mengerti hak yang bisa diperjuangkan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan advokat berada di kota-kota besar.

“Di pinggiran sangat jarang makanya kita ingin mencetak paralegal. Nanti kalau sudah ada paralegal, kita bisa menempatkan temen-temen yang sudah di didik di tingkat kelurahan, jadi aksesnya gampang,” ujarnya.

Selama ini akses keadilan bagi masyarakat miskin sulit dicapai walaupun negara mengeluarkan aturan mengenai bantuan hukum, maka dari itu bantuan paralegal sangat dibutuhkan untuk akses keadilan.

Disamping itu juga, paralegal menjadi jembatan bagi masyarakat yang memiliki persoalan hukum dengan advokat bekerja sama dengan organisasi bantuan hukum. Sehingga, persoalan hukum masyarakat mendapatkan solusi hukumnya.

“Jadi ini kan tugas negara memang memberikan akses terhadap hukum, ya ini dengan paralegal,” tuturnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker