ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Weni Dwi Paparkan Arti Penting Perda Pelindungan Pekerja Migran

 

Detiktoday.com, Cianjur – Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Weni Dwi Aprianti, S.Ab., mengatakan bahwa Perda Pelindungan Pekerja Migran dilahirkan atas pertimbangan bahwa pekerja migran Indonesia dan calon pekerja migran Indonesia asal Jawa Barat harus dilindungi dari perdagangan orang, perbudakan dan kerja paksa, korban kekerasan, kesewenang-wenangan, kejahatan atas harkat dan martabat manusia, serta perlakuan lain yang melanggar hak asasi manusia.

“Kabupaten Cianjur berkontribusi besar mendistribusikan para pekerja migran ke luar negeri, cukup banyak warga Cianjur yang menjadi pekerja migran di luar negeri sehingga keberadaan Perda ini sangat strategis bagi pelindungan hukum dan hak asasi mereka, karena cukup banyak kasus kekerasan atau perdagangan manusia yang menjadi korban dan berasal dari Kabupaten Cianjur,” ujar legislator PDI Perjuangan asal Dapil IV Jabar Kabupaten Cianjur ini.

Hal ini disampaikan Weni saat melakukan sosialisasi Perda Provinsi Jawa Barat No 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia asal Jawa Barat di Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, 20 Maret 2023.

Menurut Weni, dilaksanakannya sosialisasi kepada masyarakat sebagai perhatian kepada semua orang yang berikhtiar dalam mencari rezeki diluar negeri dengan jaminan pelindung yang baik dan benar.

“Silahkan masyarakat mencari rezeki ke luar negeri, satu hal yang terpenting adalah bagaimana perhatian pemerintah karena mereka merupakan warga negara indonesia,, dan kehadiran Perda ini menjadi salah satu nilai penting bagi masyarakat di Jawa Barat.” ujarnya.

“Perda ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam memberikan perhatian dan perlindungan kepada Pekerja Migran Indonesia, khususnya bagi warga Masyarakat Jawa Barat, jadi Perda ini seoptimal mungkin untuk memberikan perlindungan kepada warga yang menjadi pekerja migran di luar negeri,” jelas Weni.

Weni berharap melalui sosialisasi ini, informasi terkait Perda bisa lebih cepat tersebar dan tersampaikan kepada pihak-pihak yang berkompeten khususnya bagi para pekerja migran di Kabupaten Cianjur.

Hadir dalam kegiatan tersebut, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, organisasi kepemudaan dan tokoh masyarakat.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker