ADHIKARYA PARLEMEN

Iis Turniasih Dorong Peran Pesantren dalam Pembangunan Ekonomi

Detiktoday.com – DPRD Jabar Iis Turniasih menilai peran serta pesantren dalam pembangunan sangat penting. Hal ini diperkuat dengan adanya dukungan pemerintah terhadap hak-hak pesantren seperti dalam hal pendanaan.

“Jadi dalam perda pesantren ini, pemerintah telah memperhatikan hak-hak pesantren seperti pendanaan. Begitu juga dengan kesejahteraan para penghuni pesantren juga diperhatikan secara maksimal,” ujar Politisi PDI Perjuangan asal Dapil X Jabar Kabupaten Purwakarta dan Karawang ini saat melakukan sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pesantren.

Adapun kegiatan digelar di Desa Kertamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Senin 3 April 2023..

Hadir dalam kesempatan tersebut, pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purwakarta, PAC PDI Perjuangan Kecamatan Campaka, serta didampingi, tokoh masyarakat serta turut hadir Insan Prayoga, S.IP., MM., M.Com, sebagai narasumber dari kalangan akademisi.

Menurut Iis, keberadaan Perda ini diciptakan dalam upaya membentuk kemandirian pesantren. Seperti diketahui provinsi Jawa Barat memiliki banyak pondok pesantren.

“Perda ini dibuat dalam rangka membentuk kemandirian pesantren sehingga bisa mandiri dan berkembang lebih baik lagi tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah. Hal ini adalah upaya dari anggota DPRD Jabar bersama pemerintah provinsi Jawa Barat,” ungkap Iis Turniasih.

Kemudian kesejahteraan penghuni pesantren diperhatikan baik ustaz dan staf pengajar maupun para santri melalui program ekonomi.

Ia berharap, melalui program-program pemberdayaan pesantren tersebut, kemandirian pesantren bisa lebih cepat terealisasikan.

“Harapannya, tentu kemandirian pesantren bisa lebih cepat terealisasikan, pemerintah telah memberikan dukungan, tinggal bagaimana manajerial pesantren bisa lebih tertata kembali. Ketika membutuhkan sarana dan prasaran ataupun anggaran, maka sistem dan mekanismenya bantuan harus ditempuh oleh pengelola pesantren tersebut,” pungkasnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker