ADHIKARYA PARLEMEN

Ineu Purwadewi Apresiasi BIJB yang Siap Layani Penerbangan Umrah

Detiktoday.com – Pada 15 April 2023, BIJB Kertajati dikabarkan siap melayani penerbangan carter umrah. Kemudian pertengahan tahun ini dijadwalkan pemberangkatan calon jamaah haji.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., MM saat dikonfirmasi, Selasa 11 April 2023 menyambut baik dimulainya kembali Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati melayani penerbangan umrah dan menjadi embarkasi calon jemaah haji.

“Kami sambut baik (penerbangan) haji umrah dari sana. Apalagi kalau penerbangan lain menyusul,” ujarnya.

Ineu mengatakan, pemerintah pusat juga merencanakan pengalihan sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke BIJB Kertajati.

“Membangun bandara ini perjuangan panjang dan pengorbanan tentunya. Kami berharap Bandara Kertajati difungsikan. Karena bangunan sudah megah, luas, dan layak untuk penuhi penerbangan internasional, apalagi konektifitas tol Cisumdawu seksi 4,5 dan 6 akan mulai difungsikan tentunya menjadi pemicu terhadap peningkatan aktivitas bandara Kertajati,” ungkap Ineu Purwadewi.

Menurut Ineu, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati serta dukungan dari tersambungnya jalan Tol Cisumdawu dari Cileunyi sampai ke Dawuan.

Ineu mengatakan, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sudah beroperasi. Jalan tol ini akan mendukung akses menuju BIJB Kertajati. Karena itu, diharapkan nantinya bisa semakin banyak penerbangan di BIJB Kertajati.

“Akhir Mei (Cisumdawu) beres katanya, beroperasi semua seksi,” kata dia.

Menurut informasi dari Ineu, Tol Cisumdawu dan kemungkinan penggunaannya untuk arus mudik Lebaran 2023 akan dioperasionalkan dengan penyesuaian. Kabarnya, ruas tol tersebut akan dibuka pada 15 April mendatang, namun hanya bersifat fungsional dan digunakan hanya hingga sore hari.

“Malam hari di sana belum siap karena belum ada penerangannya. Pengelola jalan tol menginformasikan bahwa Tol Cisumdawu secara keseluruhan baru akan dioperasikan pada akhir Mei 2023,” lanjutnya.

Dengan demikian, setelah mudik dan arus balik selesai, jalan tol setelah Cimalaka akan ditutup kembali sembari dituntaskan.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker