ADHIKARYA PARLEMEN

Elin Suharliah Dorong Optimalisasi BUMDes di Daerah

Detiktoday.com – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Hj Elin Suharliah mengatakan ada beberapa daerah di mana belum semua BUMDes berjalan baik, berkembang dan memberikan kontribusi yang terhadap PADes.

“Salah satu masalah yang dihadapi antara lain, Sumber Daya Manusia (SDM), peralatan, permodalan dan pemasaran,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Elin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Pemprov Jabar, diantaranya pelatihan SDM pengurus BUMDes, memberikan bantuan permodalan secara selektif kepada BUMDes yang bisa berkembang dengan baik.

Elin menegaskan, salah satu tujuan dibentuk nya BUMDes adalah untuk meningkatkan perekonomian desa dengan pemberdayaan masyarakat desa sekitar.

“Harapannya BUMDes bisa berjalan lancar, mendapat keuntungan dan dapat memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah,” paparnya.

Elin mengatakan, salah satu tugasnya adalah mengevaluasi program gubernur di desa-desa, antara lain pelaksanaan desa wisata, desa sadar hukum, desa digital, desa mandiri dan penyelenggaraan BUMDes.

“BUMDes adalah usaha milik desa seperti halnya BUMN di tingkat pusat dan BUMD di tingkat daerah,” terangnya.

Hj Elin juga mengatakan salah satu fungsi dari DPRD yaitu melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintahan desa.

“Tupoksi kami melakukan monitoring terhadap kinerja pemerintah dan dampaknya terhadap masyarakat, sebagai bahan evaluasi kami,” ujar Elin Suharliah.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker