ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Iis Turniasih Terus Dorong Pemprov Jabar Pertahankan Opini WTP

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar, Hj. Iis Turniasih mengapresiasi capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-12 kalinya terhadap LPH atas LKPD Provinsi Jawa Barat.

“Selamat, semoga prestasi ini dapat dipertahankan. Ini juga merupakan implementasi dari rencana aksi yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menindaklanjuti rekomendasi, sehingga BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-12 kalinya,” ujar Iis Turniasih, yang merupakan anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, mewakili Dapil X Jabar, Kabupaten Purwakarta dan Karawang.

Bagi Iis, Opini WTP ini merupakan bukti tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean government).

Pemerintah provinsi Jawa Barat layak mendapatkan apresiasi atas Opini WTP yang ke-12 kali diraih secara beruntun,” kata Iis Turniasih pada hari Selasa, 16 Mei 2023.

Setelah LHP LKPD tersebut diserahkan, Iis Turniasih mendorong Pemerintah Provinsi Jabar untuk segera menindaklanjuti semua catatan atau rekomendasi dari BPK. DPRD Jabar juga akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaannya.

“Setelah Rapat Paripurna ini, Pemerintah Provinsi Jabar harus segera menindaklanjuti catatan penting dari BPK RI. Kami, DPRD Jawa Barat, akan membahas catatan atau rekomendasi tersebut bersama dengan OPD (organisasi perangkat daerah) atau mitra kerja,” kata Iis.

Dalam pembahasan tersebut, Iis menyatakan bahwa DPRD Jabar akan berupaya memastikan agar catatan atau rekomendasi dari BPK ditindaklanjuti oleh jajaran Pemerintah Provinsi Jabar.

Ia juga menekankan bahwa DPRD akan memastikan bahwa anggaran yang telah ditetapkan dan direncanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Oleh karena itu, kami berharap bahwa konsistensi ini menunjukkan bahwa reformasi telah berjalan dengan baik dalam hal keuangan. Tugas berikutnya adalah memperbaiki hal-hal yang masih menjadi tantangan pada tahun mendatang, mulai dari perencanaan hingga implementasinya harus bisa dijalankan,” ungkapnya.

Adapun sebelumnya digelar Rapat Paripurna mengenai Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jabar tahun anggaran 2022. Rapat tersebut berlangsung di ruang rapat Paripurna DPRD Jabar pada hari Senin, 15 Mei 2023.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker