ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Ijah Hartini Dorong Pemerintah Fokus Beri Dukungan untuk Sumber Daya terkait Wisata dan Budaya

Detiktoday.com – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj Ijah Hartini berharap pemerintah memberikan fokus dukungan ketersediaan sumber daya, baik sumber daya manusia (SDM) yang memahami seni dan budaya, maupun keberpihakan anggaran.

Hal ini disampaikan Ijah sehubungan dengan kekayaan seni budaya daerah Jawa Barat yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Karena jika tidak dijaga, akan tergerus oleh modernisasi dan terlupakan seiring perubahan zaman,” ungkapnya.

Menurutnya, potensi pariwisata akan sangat sulit dikembangkan bila hanya mengandalkan potensi alamnya saja, tanpa melibatkan potensi lainnya.

“Perlu ada keterlibatan pelaku seni budaya di daerah agar dapat menjadi potensi luar biasa,” ucap dia.

“Sehingga output kegiatan seni itu bisa menjadi daya tarik industri pariwisata dan outcome-nya dapat mendatangkan kesejahteraan bagi para pelaku seni itu sendiri dan masyarakat yang terlibat,” ungkapnya.

Hj Ijah memaparkan kini Pengandaran telah melakukan penataan kawasan pantai, berkaitan dengan status Kabupaten Pangandaran sebagai Pusat Strategi Nasional (PKN), dengan destinasi pariwisata dunia. Maka keterlibatan pelaku seni budaya, dapat menjadi potensi luar biasa yang dapat mendorong pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Pangandaran.

Dia menyebutkan, seiring perkembangan Kabupaten Pangandaran yang semakin maju, tentu semakin banyak dikunjungi turis-turis mancanegara.

“Maka, pelaku seni budaya bisa diberdayakan dengan baik dalam mengisi pertunjukan yang dapat menjadi daya dorong dalam pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Pangandaran,” terang Ijah.

Ia mengatakan Pentas seni budaya yang dipertunjukan oleh masyarakat, tentunya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

“Saya apresiasi dan mendukung kegiatan pentas seni budaya yang dipertunjukan disetiap ada acara. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan hingga dapat mengdongkrak pariwisata di Jabar,” katanya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker