ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Weni Dwi Aprianti Ajak Masyarakat Aktif Kembangkan Ekonomi Kreatif

Detiktoday.com – Anggota Komisi V DPRD Jabar, Weni Dwi Aprianti, S.Ab, mengungkapkan bahwa ekonomi kreatif merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang memiliki arti penting dan kedudukan yang strategis dalam menopang ketahanan ekonomi masyarakat, memajukan pembangunan, mengembangkan inovasi, kreativitas dan daya saing, mewujudkan pertumbuhan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja.

“Ekonomi kreatif memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah telah mengeluarkan Perda Nomor 15 tahun 2017 sebagai upaya dalam mendorong pengembangan sektor ini,” ujar Weni saat dikonfirmasi, Sabtu 8 Juli 2023.

Legislator PDI Perjuangan asal Dapil IV Jabar Kabupaten Cianjur ini mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah mereka.

“Tidak menutup kemungkinan kreativitas muncul yang tumbuh subur melalui kearifan lokal, hal ini perlu stimulasi untuk memancing kreatif-kreatif muda melalui inovasi dan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov Jabar juga berkomitmen untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan bagi pengembangan ekonomi kreatif di tingkat lokal, seperti adanya kreatif center yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha mikro dalam pengemasan, perizinan, sertifikat halal, dan digital marketing.” Papar Weni.

Selain itu Weni menjelaskan peluang dan manfaat yang diperoleh melalui pengembangan ekonomi kreatif khususnya dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah-daerah.

“Saya berharap masyarakat melalui kegiatan ini di Desa Sukawargi, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur dapat memahami pentingnya pengembangan ekonomi kreatif dan merasa terdorong untuk berpartisipasi dalam mengembangkan sektor ini,” terangnya.

Disinggung terkait keberadaan gedung Creative Center, Weni menyebutkan melalui fungsi dan kewenangannya, DPRD Jawa Barat mendukung optimalisasi Gedung Creative Center yang ada di Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat untuk meningkatkan daya saing produk lokal.

“Gedung Creative Center tentunya harus menjadi etalase masing-masing daerah untuk mempromosikan dan menjual produk-produk lokal dari masing-masing daerah agar bisa lebih mudah dikenal,” ujarnya.

Diketahui, Weni melaksanakan sosialisasi penyebarluasan Perda nomor 15 Tahun 20217 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, di desa Sukawargi, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jumat 7 Juli 2023.

Acara yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat, kaum pemuda dan para pelaku ekonomi yang ada di Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker