ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Hj Ijah Hartini Himbau Masyarakat Tetap Waspada Hadapi Hujan Intensitas Tinggi

Detiktoday.com – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj Ijah Hartini mengimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada dan menjaga keselamatan terhadap hujan dengan intensitas tinggi.

“Diharapkan seluruh pihak dapat mengambil pelajaran dari musibah ini agar lebih memperhatikan keseimbangan alam sehingga dapat tercipta keharmonisan hidup antara manusia dengan alam sekitar tempat tinggalnya,”ujar Hj Ijah Hartini dari Fraksi PDI Perjuangan, Minggu (9/7/2023).

Diketahui, ada beberapa wilayah di Kabupaten Pangandaran yang terdampak bencana diantaranya Desa Bojong Kecamatan Parigi, banjir akibat luapan sungai Citonjong yang merupakan objek wisata Citumang mengakibatkan sekitar 400 rumah terendam dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih, banjir merendam areal pemukiman warga sekitar 130 rumah terendam banjir. Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, banjir terjadi di kawasan perumahan Garden Estetika. Desa Batukaras Kecamatan Cijulang, luapan sungai Green Canyon Cijulang mengakibatkan akses jalan terganggu.

Desa Cimanggu Kec. langkaplancar, longsor menimpa sebuah rumah di Dusun Cibeureum RT 04 RW 02 Desa Cimanggu, Kec. LangkapLancar.

Sementara di Kabupaten Ciamis, sebanyak 8 rumah warga Dusun Karangsari, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, terendam banjir. Banjir juga terjadi di Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg. Lalu di Dusun Bunirasa, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis.

Luapan Sungai Cibalungbang juga merendam puluhan hektar sawah dan sejumlah kolam ikan warga di Dusun Cihideung, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing. Air mulai menggenang pada malam hari. Akibatnya warga mengalami kerugian, mengingat tanaman padi sudah memasuki masa panen.

Kejadian banjir luapan saluran air dan sungai terjadi di beberapa titik di Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis. Ada yang memang langganan, ada juga yang memang baru pertama kali akibat curah hujan tinggi.

Intensitas hujan deras yang mengguyur sejak Kamis (6/7/2023) malam hingga Jumat (7/7) dini hari membuat sungai dan saluran irigasi meluap. Sehingga menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis terendam banjir.

Dalam hal ini Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj Ijah Hartini menyampaikan rasa keprihatinannya atas musibah yang terjadi di Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker