ADHIKARYA PARLEMEN

Ineu Purwadewi Sebut Nama Calon Pj Gubernur Sudah Ada

Detiktoday.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., M.M, mengatakan bahwa saat ini DPRD Jabar tengah mengusulkan nama calon Pj Gubernur Jawa Barat.

Sejauh ini, menurut Ineu ada tiga nama calon Pj Gubernur Jawa Barat tersebut adalah Asep Mulyana, Keri Lestari dan Bey Tri Machmudin.

“Kini tinggal menunggu usulan tiga nama calon Pj gubernur Jabar lain dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ujar Ineu setelah rapat paripurna yang dilaksanakan Senin, 1 Agustus 2023.

Adapun dalam rapat tersebut, DPRD Jawa Barat mengumumkan masa akhir jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum pada 5 September 2023

Ineu menyebutkan, calon Pj ada kriteria dan persyaratannya yang telah diatur oleh Kemendagri. Salah satunya, adalah pejabat eselon 1 dari Pemprov atau pusat.

“Itu ada ketentuannya, ada dalam Permendagri yang disampaikan. Usulan juga banyak cukup nama, tapi kita harus melihat juga apakah memenuhi dari persyaratan yang ditentukan,” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis 3 Agustus 2023.

Menurut Ineu, Pj Gubernur berbeda dengan Pj kota/kabupaten, yang bisa diisi oleh pejabat eselon 2. Baik dari lingkungan Pemprov, Pemkot, Pemkab maupun dari pemerintah pusat.

Sehingga saat ini, kata dia, DPRD Jabar tengah berpikir keras untuk mengusulkan nama sesuai kriteria. Mengingat, batas waktu yang ditenggat oleh Kemendagri maksimal pada 9 Agustus mendatang.

“Prosesnya, kami diberi waktu sampai 9 Agustus menyampaikan tiga nama. Nanti prosesnya (oleh pemerintah pusat) mungkin sebelum tanggal 5 (September 2023), karena tanggal itu Pak Gubernur (Ridwan Kamil) selesai. Nanti tidak boleh ada kekosongan. Akan ada Pj yang melanjutkan,” ujar Ineu, Rabu, 2 Agustus 2023.

Terlepas dari itu, Ineu berharap, siapa pun yang ditetapkan menjadi Pj Gubernur Jabar kelak oleh Presiden Jokowi, mampu menuntaskan RPD & RPJPD guna mewujudkan provinsi jabar yg maju & sejahtera.

“Kami ingin yang terbaik, walaupun masih ada kekurangan. Tentunya kita harus melihat ke depan. Kita harus terus mewujudkan masyarakat Jawa Barat itu sejahtera. Kalau ada yang belum dicapai, ini harus menjadi target yang kemudian harus kita bersama-sama mewujudkan itu,” katanya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker