ADHIKARYA PARLEMEN

Ineu Purwadewi Berharap Bantuan Rutilahu Dapat Membantu Warga Sesuai Sasaran

Detiktoday.com – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari,S.Sow., M.M berharap melalui bantuan Rutilahu bisa membantu warga yang benar-benar layak untuk dibantu.

Hal ini disampaikan Iney saat mendampingi Anggota DPR RI Mayjen TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin, memberikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni kepada salah satu warga Dusun Panday, Desa Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Minggu 6 Agustus 2023.

peresmian rutilahu itu ditandai dengan gunting pita, pada Minggu 6 Agustus 2023 oleh TB Hasanudin dan Ineu Purwadewi yang disaksikan para warga Dusun Panday, tepatnya gang Asari.

Ineu menyampaikan jika salah satu rumah milik Wa Epon (68) memang wajib untuk dibantu karena kondisinya sudah memprihatinkan selama puluhan tahun.

“Saya mendampingi kang TB Hasanuddin yang berniat membantu kondisi rumah Wa Epon yang sudah puluhan tahun kondisinya sangat memprihatinkan, semoga melalui bantuan ini kondisi rumahnya bisa kembali layak untuk dihuni, dan lebih sehat,” ujar Ineu Purwadewi, Minggu 6 Agustus 2023.

Ineu mengapresiasi langkah Kang TB Hasanuddin yang terjun langsung ke masyarakat memberikan bantuan dan hari ini bantuan dilakukan dalam bentuk renovasi rumah tidak layak huni.

Ineu menyebutkan, pihaknya telah mendorong pelaksanaan program bantuan Rutilahu yang dialokasikan kepada masyarakat menjadi salah satu program yang dibutuhkan masyarakat di Jawa Barat, meskipun pemprov Jabar tahun ini menganggarkan sebanyak 11.400 unit di seluruh Jawa Barat, artinya masih sangat jauh dari target dan usulan yang disampaikan masyarakat termasuk masyarakat di Kabupaten Sumedang.

“Program bantuan Rutilahu menjadi favorit program dan banyak dibutuhkan masyarakat, karena berdampak secara langsung manfaatnya selain kepada pemilik rumah juga masyarakat yang terlibat dalam program tersebut. Meskipun pemerintah telah menganggarkan sebanyak 11.400 unit yang akan diperbaiki, masih sangat jauh dari target dan usulan yang diajukan. Adapun pak TB Hasanuddin yang telah berinisiatif membantu rumah Wa Epon agar bisa kembali yak untuk dihuni, merupakan salah satu bukti nyata beliau kepada masyarakat,” jelas Ineu, legislator PDI Perjuangan asal Dapil XI Jabar, Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang ini.

“Gotong royong ini menjadi bukti kami sebagai kader partai untuk terus terjun ke masyarakat, semoga wa Epon atau warga lainnya pun juga bisa menilai dan menikmati manfaat lain dari kami dan semangat gotong royong ini harus menjadi teladan bagi semua masyarakat di Jawa Barat,” tukas Ineu.

Sementara, Wa Epon Sumirah (68) ini mengaku terharu. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kang TB Hasanudin dan Ibu Ineu Purwadewi sebagai wakil rakyat yang benar-benar peduli terhadap warga yang membutuhkan.

Ia mengaku sudah puluhan tahun tinggal di rumah dengan atap bocor dan plafon rumahnya sudah lapuk dimakan usia.

“Saya tinggal bersama anak saya yang bungsu. Sementara suami saya sudah meninggal dunia. Sejak kepergian suami saya, rumah jadi enggak keurus, akhirnya lapuk dimakan usia dan atapnya sering bocor, ucapan terimakasih kepada para wakil rakyat yang sudah membantu keadaan rumah kami,” kata Wa Epon.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker