ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Elin Suharliah Sebut Produktivitas BUMDes sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

Detiktoday.com – Hj Ellin Suharliah, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, menilai produktivitas Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki peran yang signifikan sebagai penggerak perekonomian yang nyata bagi masyarakat di desa. BUMDes Pancur Jaya di Desa Jatipancur, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, dinilai memiliki potensi luar biasa yang dapat dikembangkan di masa mendatang.

“Potensinya sudah ada, tinggal dikembangkan. Untuk itu, kehadiran DPMD Provinsi Jawa Barat, khususnya melalui fasilitasi APBD Provinsi Jawa Barat, diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi ini untuk keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat pada umumnya,” ujarnya.

Hal ini disampaikan Elin saatPimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat menjalankan agenda kunjungan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pancur Jaya di Desa Jatipancur, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, dalam rangka pengawasan program kegiatan Dinas Pemberdayaan dan Desa Provinsi Jawa Barat pada hari Kamis (9/11/23).

Dalam kunjungannya, Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi atas perkembangan BUMDes Pancur Jaya yang terus melakukan diversifikasi usaha.

Elin menjelaskan bahwa kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengawasan program kegiatan Dinas Pemberdayaan dan Desa Provinsi Jawa Barat.

“Hari ini kami dari Komisi I DPRD Jabar mengunjungi BUMDes Pancur Jaya di Desa Jatipancur Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon dalam rangka pengawasan program kegiatan Dinas Pemberdayaan dan Desa Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Elin melanjutkan dengan menyebutkan bahwa selain sudah memiliki fasilitas pencucian kendaraan, toko, dan sektor pertanian yang berjalan, BUMDes Pancur Jaya juga telah mengembangkan jasa angkutan, sedang merintis sektor wisata, kolam renang anak, dan kafe pada tahun 2023 ini.

“Untuk sektor pariwisata, potensinya dapat terus dikembangkan, seperti pemanfaatan potensi kebun pisang yang dapat dikelola dan menjadi kekhasan produk desa Jatipancur,” tambahnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker