Dunia

Pakistan dan Iran Sepakat Redakan Ketegangan

Detiktoday.com – Pakistan dan Iran telah mencapai kesepakatan untuk meredakan ketegangan setelah saling terlibat dalam pertukaran serangan rudal dan drone pekan ini.

Pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Pakistan menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Pakistan, Jalil Abbas Jilani, dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, berbicara melalui telepon pada Jumat (19/1/2024).

“Kedua menteri luar negeri sepakat bahwa kerja sama tingkat kerja dan koordinasi yang erat dalam pemberantasan terorisme dan aspek-aspek lain yang menjadi perhatian bersama harus diperkuat. Mereka juga sepakat untuk meredakan situasi,” demikian bunyi pernyataan itu

Pernyataan tersebut juga menyebutkan bahwa kedua negara membahas kembalinya duta besar mereka masing-masing ke ibu kota, menandakan niat untuk mengembalikan hubungan diplomatik normal.

Pertikaian dimulai pada Selasa (16/1) ketika Iran melancarkan serangan rudal dan drone terhadap kelompok bersenjata Jaish al-Adl di Provinsi Balochistan. Pakistan merespons dengan menyerang kelompok bersenjata di wilayah Iran pada Kamis (18/1).

Pasca-serangan, Pakistan menarik duta besarnya dari Teheran dan melarang utusan Iran yang sedang dalam perjalanan pulang untuk kembali ke Islamabad. Pada Jumat, Perdana Menteri sementara Pakistan, Anwar-ul-Haq Kakar, mengadakan pertemuan Komite Keamanan Nasional untuk membahas krisis dengan Iran.

Pernyataan dari kantor perdana menteri menekankan bahwa kedua negara dapat mengatasi gangguan kecil melalui dialog dan diplomasi, membuka jalan untuk memperdalam hubungan bersejarah mereka.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker