ADHIKARYA PARLEMEN

Ijah Hartini: Mari Tingkatkan Disipilin Diri Selama Bulan Puasa

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar, Hj. Ijah Hartini menyebut bulan puasa kesempatan untuk membersihkan jiwa dan meningkatkan disiplin diri.

“Dengan menahan diri dari hawa nafsu dan godaan dunia selama sepanjang hari, umat Islam diajarkan untuk mengendalikan diri dan menumbuhkan kekuatan batin. Proses ini memperkuat ketahanan mental dan spiritual, serta membantu menguatkan tekad untuk menghadapi cobaan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Ijah.

Legislator dapil Pangandaran, Ciamis, Kuningan, dan Kota Banjar ini juga menyebut Bulan Ramadhan merupakan waktu untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas umat Islam.

“Banyak kegiatan keagamaan dan sosial diadakan selama bulan ini, mulai dari berbuka puasa bersama, tarawih, hingga kegiatan amal. Semua ini menciptakan iklim yang memperkuat hubungan sosial dan kebersamaan dalam komunitas Muslim,” katanya.

Selain itu, Ijah mengungkapkan bahwa bulan puasa tak semata menahan diri dari makan dan minum.

“Bulan Ramadhan juga merupakan waktu untuk meningkatkan kesadaran sosial dan empati terhadap sesama. Di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam didorong untuk memberikan sumbangan, menyantuni orang miskin, dan berbagi rezeki dengan yang membutuhkan,” ungkapnya.

Salah satu aspek penting dari bulan puasa adalah ibadah yang dilakukan selama periode ini. Selain menjalankan puasa, umat Islam juga menunaikan salat secara lebih rutin, membaca Al-Qur’an dengan lebih tekun, dan melakukan berbagai amal kebajikan lainnya. Semua ini bertujuan untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Tuhan dan memperbaiki hubungan dengan sesama.

Legislator PDI Perjuangan ini juga menyebut bahwa berbagi dengan sesama mengajarkan nilai-nilai kerelaan berkorban dan solidaritas, serta mengingatkan bahwa kebahagiaan sejati didapat dari berbagi dengan orang lain.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker