ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Ijah Hartini Harap Hasil Panen Bisa Mewujudkan Kemandirian Pangan

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar, Hj. Ijah Hartini mengatakan bahwa panen yang berhasil memungkinkan masyarakat untuk menjadi lebih mandiri secara pangan. Dengan memiliki akses ke hasil pertanian yang cukup, masyarakat dapat mengurangi ketergantungan pada impor makanan dari luar dan meningkatkan keamanan pangan di tingkat lokal dan nasional.

“Hal ini juga dapat mengurangi kerentanan terhadap fluktuasi harga di pasar global,” lanjutnya.

Hal ini disampaikan Ijah berkenaan dengan lahan pertanian di Kabupaten Kuningan yang sudah memasuki masa panen seluas 12.393 hektare. Sementara, luas tanam pada awal Januari seluas 20.770 hektare.

Ijah berharap masa panen yang terjadi di Kuningan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Dengan panen yang sukses, kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi, mengurangi risiko kelaparan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya.

Legislator PDI Perjuangan ini juga berharap panen kali ini bisa diikuti dengan harga jual yang memadai bagi para petani.

” Hasil panen yang baik berarti penjualan hasil pertanian yang lebih banyak, yang dapat meningkatkan pendapatan petani dan keluarga mereka. Pendapatan tambahan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memperbaiki infrastruktur, atau diinvestasikan kembali dalam pertanian untuk meningkatkan produksi di masa depan,” papar Ijah.

Kendati demikian, Ijah juga mengingatkan para petani untuk memastikan bahwa hasil panen mesti layak untuk dikonsumsi masyarakat.

“Hasil pertanian yang sehat dan beragam, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat memberikan kontribusi penting terhadap pola makan yang seimbang dan kaya gizi. Ini berdampak langsung pada kesehatan masyarakat secara keseluruhan, membantu mengurangi risiko malnutrisi dan penyakit terkait gizi,” pungkasnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker