Daerah

MI Insan Cendekia Garut Gelar Pesantren Al Qur’an (TrenQu)

Detiktoday.com – MI Insan Cendekia Garut menggelar Pesantren Al Qur’an (TrenQu) selama 5 hari dimulai tanggal 27 Maret s.d 3 April 2024. Acara dibuka langsung oleh Laena Zakiyah, S.Sos.I, M. Pd. selaku Kepala MI Insan Cendekia.

Menurut Laena pesantren al Quran di tingkat sekolah dasar penting dilaksanakan karena memori anak tentang kegiatan sekolah akan lebih terkenang saat dewasa, sehingga harus dikemas dengan inovasi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membangkitkan kuriositas anak anak.

Lebih lanjut Laena menyampaikan rangkaian kegiatan TrenQu 4. Pada hari pertama diisi dengan kegiatan Peduli Sosial yang diisi dengan Donasi untuk anak Palestina dan santunan untuk anak Yatim.

Hari ke dua dan ke tiga diisi dengan Tadabur al Quran dalam pendekatan Sains melalui kegiatan bermain roket air dan mengenal hewan reptil dengan melibatkan Komunitas Pecinta Reptil di Garut.

Hari Ke empat diisi dengan kegiatan simulasi shalat idul Fitri dan membayar zakat Fitrah. Hari Ke lima yaitu sebagai penutup dan puncak acara TrenQu 4 diisi dengan kegiatan pentas seni islami, buka bersama dengan seluruh siswa, orang tua, pendidik dan tenaga kependidikan MI Insan Cendekia serta mewisuda sebanyak 309 Hafidz/Hafidzah al Quran yang pada kesempatan tersebut didapatkan pencapaiam tertinggi sebanyak 4 Juz.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para orang tua dan segenap Civitas Academica MI Insan Cendekia yang telah kompak menyukseskan kegiatan ini dan berharap semoga proses internalisasi nilai islam melalui kegiatan TrenQu ini terus berlanjut dan berdampak positif terhadap karakter anak,” pungkasnya.

Pesantren Al Quran (TrenQu) merupakan kegiatan yang lazim dilakukan di MI Insan Cendekia dalam rangka mengisi bulan Ramadhan.

Tujuannya adalah agar peserta didik lebih paham isi dari al Qur’an, mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga menjadi momentum diberikannya apresiasi terhadap seluruh siswa yang telah menghafal al Quran yang merupakan program unggulan di MI Insan Cendekia.

Pesanten al Qur’an (TrenQu) pada Ramadhan 1445 H merupakan TrenQu ke 4 yang dilaksanakan di MI Insan Cendekia Garut Karangpawitan.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker