ADHIKARYA PARLEMEN

Iis Turniasih Sebut Peluncuran Aplikasi Geber Si Jumo dan Jamillah Cegah Stunting

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar Hj. Iis Turniasih menyebut peluncuran Geber Si Jumo dan Jamillah dengan perilaku PHBS merupakan solusi terbaik dalam upaya pencegahan dan penanganan.

“Data terkait stunting dan DBD dan penderita TBC di Jawa Barat masih sangat tinggi, oleh karenanya dibutuhkan pemahaman kepada masyarakat bagaimana upaya pencegahan dan penanganannya. Harapannya melalui Geber SiJumo dan Jamilah ini bisa menjadi solusi efektif mengurangi jumlah penderita di Jawa Barat,” kata Iis.

Adapun Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan Gerakan Bersama Literasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD, Penanggulangan TBC (Geber Si Jumo) dan Jaga Ibu Hamil Lingkungan Bersih dan Sehat (Jamillah) dengan perilaku PHBS.

Gerakan bersama itu diluncurkan ke seluruh Kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat dan berjalan secara masif.

“Apresiasi tentunya kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah meluncurkan gerakan melalui program Geber SiJumo dan Jamilah. SiJumo itu ikon pahlawan bagi anak sekolah membantu menjadi agen perubahan dalam rangka merdeka belajar untuk membacakan cerita (sosialisasi) mengenai pencegahan stunting, penanganan DBD (demam berdarah dengue), dan TBC ke minimal 10 orang tetangganya,” kata Iis Turniasih.

Sementara, untuk Geber Jamillah, Iis Turniasih menjelaskan itu terkait agen perubahan bagi masyarakat yang ikut serta dalam pencegahan tengkes (stunting), penanganan DBD. dan TBC.

“Harapannya para kader di lapangan bisa menunaikan tugas dengan baik,” ujar legislator PDI Perjuangan asal Dapil X Jabar meliputi Kabupaten Purwakarta dan Karawang ini.

Selain itu, Iis menyebutkan, berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia, saat ini prevalensi stunting di Jabar berada di angka 21,7 persen.

Untuk DBD, selama tahun 2024, ada sekitar 28.000 orang yang terkena DBD dan 210 orang meninggal dunia.

Ia menuturkan, solusi terbaik menangani itu semua, yakni dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan stunting, penanganan DBD, dan TBC.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker