ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Weni Dwi Ungkap Pentingnya Peringatan Hari Lahir Pancasila

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar Weni Dwi Aprianti, S.Ab, mengatakan peringatan hari lahir Pancasila muncul karena betapa pentingnya mengokohkan dasar negara sebagai fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Untuk itu, perlu bagi kita untuk berbenah diri dalam menyemangati peringatan hari lahir Pancasila ini,” imbuhnya.

Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Hari lahirnya Pancasila harus menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk teguh mengobarkan semangat bersatu, bergotong royong dan berkarya.

Seiring tema Hari Lahir Pancasila 2024, yaitu “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” mengandung makna yaitu Pancasila menjadi pemersatu bangsa Indonesia dengan semua perbedaan yang dimiliki oleh setiap daerah.

Persatuan ini diharapkan dapat menyambut Indonesia Emas pada 2045, ketika Indonesia memasuki usia 100 tahun.

“Hari ini, 1 Juni bangsa Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila. Hal ini hendaknya menjadi momentum pemersatu bangsa Indonesia dengan semua perbedaan.
Sebagai semangat persatuan, semangat gotong royong dan semangat membangun menuju Indonesia Emas,” ujar Weni.

Refleksi hari lahir Pancasila, menurut Weni juga harus menjadi semangat baru dalam menyongsong pembangunan daerah Provinsi Jawa Barat ke arah yang lebih baik lagi.

“Kita harus bersatu, bahu-membahu dengan tujuan bagaimana target pembangunan Jawa Barat ini mampu bersaing dengan daerah-daerah lain,” terangnya.

Dari kesatuan semangat, gotong royong dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, sambung Weni, otomatis akan dapat mengejar ketertinggalan pembangunan daerah.

“Semangat itulah, kemudian pembangunan daerah seperti yang diharapkan bisa tercapai. Tentunya, tidak hanya pemerintah sendiri namun juga ada peran serta masyarakat dan swasta,” jelasnya.

Ia meminta kepada seluruh komponen masyarakat khususnya di Jawa Barat, untuk tetap tangguh dalam menghadapi situasi dan kondisi sulit seperti saat ini.

“Pancasila sebagai ideologi dan pedoman hidup, harus senantiasa menjadi penyemangat bangsa Indonesia situasi dan kondisi apapun. Tentunya dengan mengimplementasikan nilai-nilai dan butir-butir sila Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker