ADHIKARYA PARLEMEN

Weni Dwi Ingatkan Masyarakat Bangun Kesadaran Pentingnya Lingkungan

Detiktoday.com – Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Weni Dwi Aprianti, S.Ab meminta kepada semua elemen masyarakat, pemerintah, swasta juga masyarakat untuk segera membangun kesadaran akan pentingnya lingkungan melalui sosialisasi juga pendidikan lingkungan kepada anak-anak sekolah.

“Saat ini adalah waktu yang tepat untuk kembali mengingatkan dan meneguhkan komitmen kita bersama terhadap lingkungan. Ingat anak cucu kita bagaimana mereka menderita saat lingkungan kita rusak saat ini,” kata Weni.

Hal ini disampaikan Weni berkenaan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2024.

Weni mengatakan, diperingatinya Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dalam rangka mengingatkan kita akan tantangan global terhadap kerusakan lingkungan yang semakin terasa dampaknya.

“Kadang kita terlena, kita sudah lupa apa yang kita nikmati sekarang seperti menghirup udara, menikmati air bersih adalah buah tangan nenek moyang kita terdahulu. Sementara kita seenaknya telah merusak bumi yang kita pijak, bumi yang telah memberikan kehidupan,” tegas Weni.

Legislator PDI Perjuangan asal Dapil IV Jabar Kabupaten Cianjur ini menyebutkan jika setidaknya kita telah merasakan bumi yang semakin panas akibat dari kemunduran kualitas hutan dan lahan, kualitas air dan udara.

“Sadar atau tidak jika saat ini bumi semakin panas, dampak dari lingkungan sekitar kita yang tidak terjaga, tidak terawat. Belum lagi bicara kesehatan lIngkungan perairan yang juga mengalami masalah akibat pencemaran sampah domestik dan industri,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Indikator kesehatan sungai berupa debit aliran sungai juga menunjukkan debit aliran yang sangat jauh berbeda antara musim penghujan dan musim kemarau yang menunjukkan kerusakan daerah tangkapan air.

“Lihat saja sungai yang ada sekitar kita, debit air sudah berkurang bahkan mengering saat kemarau dan justru meluap saat musim hujan. Ini adalah bukti rusaknya kawasan hulu. Oleh siapa, kalau bukan oleh manusia nya,” katanya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker