ADHIKARYA PARLEMEN

Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Ajak Semua Pihak Lebih Perhatikan Para Lansia

Detiktoday.com – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., MM meminta pemerintah seeta masyarakat dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini untuk lebih memperhatikan para lansia, karena mereka telah berjasa membangun bangsa dan negara yang kita cintai.

“Para lansia merupakan sumber inspirasi, pengetahuan, dan pengalaman bagi generasi muda kita, sudah saatnya kita berbakti dan memberikan wujud penghargaan kepada mereka dengan cara merawat dan memberikan jaminan kesehatannya. Tentu saja selain pemerintah juga kita sebagai keluarganya,” ujarnya.

Selain itu, Ineu mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal pemenuhan hak kesejahteraan lansia.

Hal ini disampaikan Ineu Purwadewi dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional Ke-28 Tingkat Provinsi Jawa Barat, 19 Juni 2024.

Menurut Ineu, implementasi pemenuhan komitmen itu sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 1 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia.

“Kami tentunya mendorong kepada pemerintah untuk memperhatikan para lansia yang ada di Jawa Barat, apalagi Pemerintah telah mengeluarkan Perda no 1 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia, tinggal bagaimana implementasinya terhadap masyarakat para lansia,” kata Ineu Purwadewi.

Ineu menyebutkan, Berdasarkan data nasional pada Maret 2022, ada 5,7 juta lansia yang masih bekerja, baik pekerjaan formal maupun informal dan Jawa Barat berada di peringkat keempat pada data nasional itu.

“Masih cukup tinggi jumlah lansia yang ada di Jawa Barat. Secara Nasional berdasarkan di peringkat keempat. Masih banyak lansia yang bekerja, sektor formal itu hanya sedikit, 20 persenan. Sisanya pada sektor informal seperti wirausaha warung dan buruh tani, bahkan masih banyak para lansia kita yang masih menjadi tulang punggung keluarga,” imbuhnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker