ADHIKARYA PARLEMEN

DPRD Jabar Ijah Hartini Dorong Pengelola Objek Wisata Bersiap Sambut Wisatawan

Detiktoday.com – Hj. Ijah Hartini, anggota DPRD Jawa Barat mengajak semua pelaku wisata dan pemerhati pariwisata untuk bersiap menyambut para wisatawan yang diperkirakan akan menghabiskan liburan mereka di Pangandaran.

“Wisatawan akan menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat-tempat wisata. Pengelola tempat wisata, masyarakat sekitar, dan pemerintah diharapkan siap dengan penuh semangat untuk menyambut mereka dengan layanan yang optimal,” ajak Ijah.

“Mari kita persiapkan dengan memastikan kebersihan, perawatan, dan keamanan tempat wisata tetap terjaga. Perbaiki fasilitas yang rusak, pastikan fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir berfungsi dengan baik,” tambahnya.

“Dengan keterlibatan aktif masyarakat dan persiapan matang ini, diharapkan kedatangan wisatawan akan merangsang pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Selain itu, Ijah juga menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam sektor pariwisata untuk meningkatkan kualitas layanan.

“Kita harus memastikan bahwa tim yang akan berinteraksi langsung dengan wisatawan memiliki keterampilan dan kompetensi yang memadai untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan memuaskan bagi para pengunjung,” tutup legislator PDI Perjuangan dari Dapil 13 Jabar.

Ijah menggarisbawahi peran penting masyarakat dalam mendukung pariwisata daerah. Menurutnya, melibatkan masyarakat setempat dalam berbagai peran, seperti pemandu wisata, petugas kebersihan, atau penyedia jasa lainnya, adalah kunci untuk memberdayakan mereka.

“Kita bisa melibatkan masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk menjual hasil karya kerajinan lokal atau kuliner mereka. Selain itu, memberikan ruang bagi mereka untuk menawarkan jasa sesuai dengan keahlian masing-masing juga sangat penting,” jelas Ijah.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker