ADHIKARYA PARLEMEN

Ineu Purwadewi Sebut Kunci Tingginya Indeks Keterbukaan Informasi Jawa Barat Karena Sebaran Info Merata

Ineu Purwadewi Sebut Kunci Tingginya Indeks Keterbukaan Informasi Jawa Barat Karena Sebaran Info Merata

Detiktoday.com – Saat ini, Jawa Barat masih menjadi salah satu provinsi dengan indeks keterbukaan informasi publik terbaik di Indonesia dengan angka 84,4. Demikian juga dengan badan publiknya masuk kategori informatif dengan angka 95,53.

“Ini capaian yang positif, tinggal bagaimana para stakeholder memanfaatkan informasi publik ini bisa lebih berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Di antaranya menurunkan angka kemiskinan, pengangguran, ketimpangan, dan stunting,” sebut Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, MM.

Ineu juga mengapresiasi langkah pemerintah provinsi Jawa Barat yang baru saja merilis E-Monev, yaitu program monitoring dan evaluasi berbasis elektronik untuk dalam upaya meningkatkan keterbukaan informasi publik.

Ineu menyebutkan, melalui program E-Monev diharapkan bisa menjawab tantangan terkait kebutuhan informasi publik sehingga berdampak positif dan dibutuhkan bagi masyarakat.

“Ini langkah yang positif, dimana informasi publik bukan hanya harus terbuka sehingga bisa diakses tetapi informasi yang terbuka harus bisa dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan sampai ke tingkat individu,” kata Ineu Purwadewi.

Menurut Ineu, salah satu kuncinya adalah informasi yang baik harus bisa sampai ke wilayah kabupaten, kota, kecamatan, desa, keluarga, hingga individu.

“Contoh nyata, maraknya informasi judi online, pinjol ilegal, bank emok ini (bahaya dan kerugiannya) harus terus disampaikan ke masyarakat, salah satunya melalui informasi publik dalam upaya pencegahan dan memberikan efek jera kepada para pelakunya,” kata Ineu Purwadewi.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker