ADHIKARYA PARLEMEN

Cegah Stunting, Ijah Hartini Sebut Langkah Preventif Mutlak Dilakukan

Cegah Stunting, Ijah Hartini Sebut Langkah Preventif Mutlak Dilakukan

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar, Hj. Ijah Hartini, menyebut guna mencegah stunting langkah preventif perlu dimulai sejak awal kehidupan anak, dengan memastikan asupan gizi yang memadai selama masa kehamilan dan di tahun-tahun pertama kehidupan anak.

“Selain itu, edukasi kepada orang tua dan masyarakat mengenai pentingnya pola makan seimbang dan gizi yang tepat juga sangat krusial,” kata legislator dari dapil Kuningan, Banjar, Ciamis, dan Pangandaran ini.

Anak-anak yang mengalami stunting lebih rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi, serta memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah. Keterlambatan pertumbuhan juga dapat berdampak negatif pada perkembangan otak anak, menghambat kemampuan belajar, pemahaman, dan prestasi akademis mereka.

“Inilah sebabnya, pencegahan stunting sejak dini merupakan langkah kunci dalam membentuk generasi yang sehat dan cerdas,” tambahnya.

Ijah juga menyerukan pemerintah untuk terus meningkatkan akses kesehatan dan sanitasi bagi warga.

“Program pemberdayaan gizi, dukungan bagi ibu menyusui, dan kampanye kesehatan yang berfokus pada asupan bergizi dapat menjadi langkah bersama untuk mencegah stunting,” lanjut legislator PDI Perjuangan ini.

Ini adalah bagian dari upaya mengatasi masalah stunting. Ijah juga mendorong masyarakat untuk bergotong royong melawan stunting.

“Kita tidak bisa mengabaikan pentingnya kerjasama dalam melawan dan mencegah stunting ini, karena dampaknya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Ijah.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker