ADHIKARYA PARLEMEN

Ijah Hartini Ajak Masyarakat Bijak dalam Penggunaan Air

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, Ijah Hartini, mengajak masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta untuk memaksimalkan penggunaan air dalam meningkatkan produktivitas pangan.

“Air adalah unsur vital dalam pertanian. Tanpa pasokan air yang memadai, tanaman tidak akan tumbuh optimal, dan produksi pangan akan terganggu. Pengelolaan air yang cerdas dalam pertanian mencakup teknik irigasi yang efisien, pemantauan penggunaan air, dan pemilihan varietas tanaman yang tahan kekeringan,” jelasnya.

“Melalui langkah-langkah ini, kita dapat memastikan keberlanjutan produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan populasi yang terus bertambah,” tambah legislator dari dapil Kuningan, Banjar, Ciamis, dan Pangandaran tersebut.

Pengelolaan air yang bijak tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga untuk menjaga ketersediaan air dan produksi pangan bagi generasi mendatang.

“Dengan menekankan konservasi air, efisiensi pertanian, dan perlindungan sumber daya air, kita dapat memastikan bahwa planet kita terus mampu menyediakan makanan yang cukup untuk semua orang. Ini adalah tanggung jawab kolektif kita untuk menjaga air dan pangan sebagai elemen kunci dalam kehidupan dan ekosistem bumi ini,” lanjut Ijah.

Air memainkan peran krusial dalam membentuk lebih dari 50% tubuh makhluk hidup, menutupi sekitar 71% permukaan bumi, hingga menjadi pendorong utama bagi manusia, perekonomian, dan alam serta sebagai fondasi pangan.

“Air adalah esensi kehidupan di Bumi. Air digunakan dalam berbagai proses produksi pangan, mulai dari irigasi hingga pengolahan makanan. Selain itu, air juga merupakan komponen vital dari makanan itu sendiri,” tutupnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker