ADHIKARYA PARLEMEN

Iis Turniasih Sebut Pemprov Telah Siapkan Benih Padi

Detiktoday.com – Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hj. Iis Turniasih menyebutkan jika berdasarkan informasi dari BMKG, diperkirakan musim kemarau cenderung kering basah.

“Jadi walaupun kemarau, masih ada hujan sedikit-sedikit,” ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Iis menuturkan, informasi yang diperoleh dari pemprov Jabar, telah menyiapkan benih padi yang lebih tahan terhadap kondisi panas dan kering. Sehingga diharapkan tidak terjadi gagal panen.

“Antisipasi lewat bantuan pompanisasi dan bibit yang tahan panas dan kering. Juga masa tanamnya yang lebih cepat. Tidak 90 hari, tapi hanya 70 hari untuk beras,” imbuhnya.

Iis juga mendorong pemerintah provinsi Jawa Barat untuk melakukan sejumlah terobosan menghadapi cuaca ekstrim, seperti ancaman kemarau panjang.

“Dalam menghadapi kemarau panjang ini, pemerintah harus segera melakukan antisipasi dan langkah konkrit menghadapinya, banyak laporan dan aduan warga masyarakat khususnya para petani yang mengeluhkan dampak kemarau saat ini,” kata Iis Turniasih

Iis mengatakan, seiring dengan adanya penambahan kuota pompa dari pemerintah pusat, yang awalnya lima ribu unit menjadi 10 ribu, sangat membantu terutama bagi petani untuk menyelamatkan sawah mereka dari kekeringan.

“Bantuan dari pusat sangat membantu, yang penting adalah distribusi bantuan pompanisasi bagi warga terdampak menjadi prioritas utama pemerintah,” kata legislator PDI Perjuangan asal Dapil X Jabar, meliputi Kabupaten Purwakarta dan Karawang ini.

Selain mitigasi dari pemerintah, melalui Badan Usaha Logistik (Bulog) terkait ketersediaan beras di masa musim kemarau tahun ini.

*Meskipun kemarau, masih ada hujan sedikit-sedikit, tidak terlalu parah dari tahun sebelumnya, harapannya tidak akan mempengaruhi banyak terhadap hasil panen para petani,” imbuhnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker