ADHIKARYA PARLEMEN

Iis Turniasih Sebut Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Detiktoday.com – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Iis Turniasih menuturkan, pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dibangun untuk menyelesaikan masalah hunian bagi warga berpenghasilan rendah di Jabar, khususnya buruh yang berada di sekitar kawasan industri.

“Pemerintah mempertimbangkan kedekatan jarak antara zona industri atau tempat para buruh bekerja dengan rusunawa itu sendiri. Sehingga bisa menguntungkan para buruh, karena aktivitas sehari-hari tidak terbebani oleh biaya transportasi menuju tempat mereka bekerja,” tutur legislator PDI Perjuangan asal Dapil X Jabar, Kabupaten Purwakarta dan Karawang ini.

Hal ini disampaikan Iis saat bersama Pimpinan dan rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja ke Rusunawa Cilandak dalam rangka Meninjau Rencana Program kegiatan Tahun Anggaran 2024 terkait Peningkatan PSU Rusunawa Cilandak yang berlokasi di Cibatu Kabupaten Purwakarta.

Iis Turniasih mengatakan, tujuan pembangunan Rusunawa di beberapa daerah di Jabar untuk memenuhi kebutuhan perumahan/tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Jabar yang berpenghasilan rendah. Sehingga dapat tinggal dan hidup dilingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.

“Hari ini kami dari Komisi IV DPRD Jabar melaksanakan kunjungan kerja ke Rusunawa Cilandak dalam rangka Meninjau Rencana Program kegiatan Tahun Anggaran 2024 terkait Peningkatan PSU Rusunawa Cilandak, Kabupaten Purwakarta untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebutuhan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) di areal gedung,” ujar Iis Turniasih saat dikonfirmasi, Jumat 1 Maret 2024.

Iis menambahkan, keberadaan rusunawa yang berada di zona industri tersebut harus dilengkapi PSU yang memiliki standard dan layang digunakan para penghuni rusunawa.

“Karena aktivitas banyak dilakukan di dalam kawasan rusunawa, tentu saja peningkatan PSU harus menjadi prioritas guna terjaminnya kebutuhan para penghuni terhadap aktivitas kesehariannya,” kata Iis.

Ia berharap dengan adanya peningkatan PSU ini bisa mendukung program pemerintah terhadap persoalan rumah tinggal yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Harapannya program rusunawa ini menjadi jawaban bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk bisa memiliki tempat tinggal yang layak, sehingga kedepan bisa memiliki tempat tinggal mandiri,” pungkasnya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker