ADHIKARYA PARLEMEN

Ijah Hartini Sebut Hari Kebangkitan Nasional Saat Tepat Refleksi Diri Bangsa

Detiktoday.com – Hari Kebangkitan Nasional (disingkat Harkitnas) diperingati bangsa Indonesia pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini tidak lepas dari momen bersejarah berdirinya Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional sebagai Hari Nasional kemudian diresmikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan Hari Libur.

Anggota DPRD Jabar, Hj. Ijah Hartini menyebut peringatan Hari Kebangkitan Nasional setiap tahun menjadi saat yang tepat untuk refleksi diri bagi bangsa Indonesia.

“Ini adalah kesempatan untuk mengingat sejarah, menghargai perjuangan para pahlawan, dan memperkuat komitmen dalam membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan,” sebut Ijah.

Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya persatuan, semangat perjuangan, dan pendidikan dalam membangun masa depan yang lebih baik.

“Ini adalah momen penting untuk mengenang sejarah sekaligus merencanakan langkah-langkah ke depan demi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Hari Kebangkitan Nasional menandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908, yang dianggap sebagai awal dari kebangkitan nasionalisme di Indonesia.

“Boedi Oetomo merupakan organisasi modern pertama yang memperjuangkan pendidikan dan kemajuan bangsa, serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajahan,” tegas Ijah.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker