ADHIKARYA PARLEMEN

Iis Turniasih Apresiasi Pemerintah yang Perkuat Peran Purwakarta sebagai Penghasil Utama Ikan Air Tawar

Detiktoday.com – Anggota DPRD Jabar Fraksi PDI Perjuangan asal Dapil X Jabar meliputi Kabupaten Purwakarta dan Karawang Hj. Iis Turniasih mengapresiasi sejumlah langkah telah disiapkan agar Purwakarta mampu memperkuat posisinya sebagai daerah penghasil utama ikan air tawar di Jawa Barat seperti pembinaan dan pelatihan secara intensif para pelaku usaha dan petani ikan air tawar.

“Langkah-langkah yang ditempuh kita apresiasi terkait upaya peningkatan produktivitas melalui jaring apung di waduk Jatiluhur dan Cirata akan tetapi meski diingat agar kelestarian lingkungan waduk tetap terjaga,” imbuhnya.

Selain itu, Iis mendorong pemerintah daerah untuk memberikan dukungan kepada para petani budidaya ikan air tawar yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Menurut Iis Turniasih, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi penghasil ikan air tawar hal ini harus terus dikembangkan menyusul terbukanya peluang pasar ikan air tawar di tingkat nasional.

“Seperti di Kabupaten Purwakarta yang merupakan salah satu penghasil utama ikan air tawar di Jawa Barat harus terus didorong oleh Pemerintah Kabupaten untuk terus ditingkatkan produktivitasnya,” kata Iis

Ia menyampaikan posisi Kabupaten Purwakarta sebagai salah satu daerah utama penghasil ikan air tawar di Jawa Barat ditopang dengan keberadaan budidaya ikan air tawar di Waduk Jatiluhur dan Cirata.

Kita ketahui bersama, salah satu dampak negatif dari pemanfaatan waduk adalah pencemaran. Sumber pencemaran waduk yang berasal dari perikanan budidaya yaitu berupa sisa pakan yang terbuang dan sisa metabolisme ikan yang menghasilkan nitrogen, pospor dan bahan toksik lain.

“Kita butuh teknologi yang seimbang antara ekonomi dan ekologi. Pemerintah harus bisa mengupayakan teknologi ramah lingkungan agar mampu meningkatkan produksi ikan dan mengurangi dampak pencemaran terhadap waduk,” kata Iis.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker