ADHIKARYA PARLEMEN

Ineu Purwadewi Minta Semua Elemen Masyarakat Wujudkan Hak Anak

Detiktoday.com – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos.,MM meminta setiap elemen masyarakat untuk terus memperhatikan, menjaga, melindungi bersama, membangun lingkungan yang aman dan nyaman, serta memenuhi hak-hak anak di manapun mereka berada.

Ineu juga berharap pengawasan melekat harus dilakukan oleh orang tua atau keluarga terdekat erhadap anak-anak terutama dalam hal perkembangan teknologi informasi saat ini.

“Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat anak usia dini tidak luput dari penggunaan perangkat digital mulai dari menonton video di youtube hingga bermain game online. Hal tersebut sangat melekat dengan aktivitas sehari-hari anak usia dini. Maka dari itu, perlu pengawasan yang ketat dari orang tua anak-anak usia dini. Tanpa pengawasan tersebut, teknologi yang membawa banyak manfaat dapat menjadi dampak yang negatif bagi anak-anak usia dini. Dampak negatif tersebut dapat berupa kecanduan, gangguan penglihatan dan dapat mengurangi kreativitas anak tersebut,” jelas legislator asal Dapil XI Jabar, Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang ini.

Hal ini disampaikan Ineu berkenaan dengan peringatan Hari Anak Nasional. Ineu menyebutkan, tujuan peringatan Hari Anak Nasional adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Serta untuk mendorong penyelesaian berbagai permasalahan seperti kekerasan, perkawinan anak, anak berhadapan dengan hukum, dan lainnya guna mewujudkan generasi yang tangguh dan berkualitas.

Adapun tema pelaksanaan HAN ke-40 Tahun 2024 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

“Selamat Hari Anak Nasional yang ke 40, dimana tahun ini mengambil tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ memiliki makna bagaimana kelangsungannya anak-anak kita, baik itu akses pendidikan dan kelayakan hidupnya seperti akses kesehatan yang memadai, serta lingkungan yang aman dan nyaman menjadi hal utama yang harus diperhatikan,” jelas Ineu Purwadewi, Senin 22 Juli 2024.

Ineu mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional 2024 merupakan momentum yang mengingatkan kembali bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak merupakan tugas bersama.

“Hari ini adalah Hari Anak Nasional merupakan momentum penting sebagai pengingat bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak adalah tugas kita bersama,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Dalam batas kewenangannya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menjamin terpenuhinya hak anak serta melakukan tanggung jawabnya dalam perlindungan anak yang tertuang dalam Perda Nomor 3 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Melalui Perda ini, penyelenggaraan perlindungan anak dilaksanakan dengan upaya untuk mendorong para stakeholders untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan perlindungan anak.

“Maka ini menjadi dasar lebih rinci, berkaitan kebijakan pemerintah daerah, untuk mengimplementasikan peraturan daerah tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak,” ucapnya.

Ineu berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk terus menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan mencari pengalaman yang positif untuk masa depan mereka.

“Untuk anak-anak di Jawa Barat khususnya teruslah memperkaya diri dengan sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman yang positif,” tutur Ineu.

Ineu menambahkan setiap anak merupakan anak hebat yang memiliki potensi besar yang perlu diasah dan dikembangkan.

“Setiap dari kalian tanpa terkecuali adalah anak-anak hebat dengan segudang potensi, penerus terbaik bangsa ini,” katanya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Please consider supporting us by disabling your ad blocker